ABSTRAK TESIS TENTANG PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES



ABSTRAK
Siti Agustini, NPM:                      , Program Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Pembimbing (1)  DR. M. Ridlwan, M.Pd, (2) DR. Abdul Hadi, M.Pd

           Pembelajaran MI didasarkan pada jenis kecerdasan yang dominan, gaya belajar, dan kecenderungan kerja otak kanan-kiri. Selanjutnya, guru menyesuaikannya dengan menentukan penggunaan model, pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang tepat. Hal inilah yang terjadi pada guru mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI Bahasa tahun pelajaran 2012/2013 SMAMDA. Oleh sebab itu, fenomena tersebut dijadikan fokus penelitian: (1) Bagaimanakah bentuk pembelajaran Bahasa Indonesia yang berbasis Multiple Intelligences pada peserta didik kelas XI Bahasa SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo tahun pelajaran 2012/2013? dan (2) Apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang berbasis Multiple Intelligences pada peserta didik kelas XI Bahasa SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo tahun pelajaran 2012/2013?
          Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan fenomenologi. Fenomena yang hendak diteliti adalah bentuk pembelajaran Bahasa Indonesia yang berbasis MI pada peserta didik kelas XI Bahasa SMAMDA tahun pelajaran 2012/2013 dan faktor-faktor pendukung serta penghambatnya. Untuk memperoleh data-data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara kualitatif, dan dokumentasi.
          Berdasarkan analisis data, peneliti menyimpulkan bahwa: (1) Bentuk pembelajaran Bahasa Indonesia yang berbasis MI para peserta didik kelas XI Bahasa tahun pelajaran 2012/2013 menggunakan model Pembelajaran Langsung, (2)  Faktor-faktor  pendukungnya ialah sumber daya manusia atau guru pengajar yang terlatih untuk melakukan pembelajaran berbasis MI dan memiliki kesadaran terhadap keragaman kecerdasan dan gaya belajar peserta didik, serta tersedianya fasilitas sekolah berupa perangkat IT, dan (3) Faktor-faktor penghambatnya ialah sumber daya manusia atau guru pengajar belum terlatih untuk melakukan pembelajaran MI dan tidak menyadari adanya keragaman kecerdasan serta gaya belajar peserta didik, belum tersosialisasikannya data-data kecerdasan majemuk, gaya belajar, dan kecenderungan oka-oki peserta didik,  penjurusan peserta didik ke program studi Bahasa tidak berdasarkan data kecerdasan majemuk tetapi dari minat peserta didik dan orang tua serta nilai rapor. Peneliti dapat menyarankan: (1) guru dapat memilih model pembelajaran yang berdasar teori konstruktivisme, (2) sekolah tetap mengadakan pelatihan MI secara berkala, terutama untuk guru baru agar memiliki kompetensi yang sama dengan guru yang sudah terlatih, (3) sekolah selalu mengadakan pengukuran terhadap kesadaran guru tentang keragaman kecerdasan peserta didik, (4) data-data potensi diri peserta didik berupa kecerdasan majemuk, gaya belajar, dan kecenderungan oka-oki disosialisasikan kepada para guru pengajar serta dijadikan dasar untuk penjurusan peserta didik ke program studi bahasa.
ABSTRAK TESIS TENTANG PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES ABSTRAK TESIS TENTANG PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES Reviewed by agustin on Mei 09, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar

Facebook